Story About KKN Part 2 : Program

Halo~ aku mau lanjut lagi nih cerita soal KKN. Kali ini aku bakal cerita tentang program yang dilaksanakan selama menjalankan KKN. Langsung disimak aja ya di bawah ini hehe (Kalau kata mas skinnyfabs Cherrio~~!!! )

Setiap individu yang menjadi peserta KKN diberi tugas untuk melaksanakan sedikitnya 5 program yang terdiri atas 4 program sesuai tema dan 1 program non-tema (kalau programnya 5, tapi kalau lebih, diutamakan yang sesuai tema lebih banyak). Setiap mahasiswa peserta KKN juga dibebani oleh JKEM. JKEM itu apaan? Yang mall di jalan magelang itu po? Bukan~~ itu sih JCM. *abaikan* Jadi JKEM adalah Jam Kerja Efektif Mahasiswa yang merupakan akumulasi dari jumlah jam program yang dilaksanakan oleh mahasiwa peserta KKN. JKEM harus dipenuhi dengan rincian jam pokok minimal 200 jam dan jam bantu minimal 88 jam. Jam pokok adalah jam program yang dilaksanakan oleh masing-masing individu (5 program tadi). Sedangkan jam bantu adalah jam program individu yang diperoleh dari membantu program mahasiswa lain peserta KKN. Jadi, selain kita melaksanakan program pribadi yang kita rencanakan, kita juga harus membantu program teman kita. Namanya satu tim, kan harus saling membantu dan kerjasama *sok bijak, Ada juga jam non-program yang diperoleh dari kegiatan selain program misalkan ikut kegiatan masyarakat seperti mantenan atau pengajian dan jam ini tidak terhitung sebagai JKEM.

Program-program kamu apa aja sih?
Sekarang aku mau sharing tentang program-program yang sudah aku laksanakan selama KKN di Desa Sendang Tirto. Pertama ada program mengajar bahasa Korea. Karena aku adalah seorang mahasiswi berasal dari jurusan Bahasa Korea UGM, maka aku merealisasikan apa yang sudah kudapat selama berkuliah. Salah satunya adalah program ini. Program ini dilaksanakan ketika MOS SD N 01 Berbah dengan peserta anak-anak kelas 6 SD. Aku mengajarkan bagaimana cara menulis huruf Korea, hangeul. Lalu aku mengadakan program mengenalkan budaya Korea kepada anak-anak kelas 5 dan 6 SD. Program ini juga rangkaian dari MOS SD N 01 Berbah. Selanjutnya program pelatihan menulis puisi. Karena aku suka menulis puisi dan karena hobiku satu ini, puisiku pernah terbit setidaknya di majalah bulanan SMA dulu *hehehe, maka aku berinisiatif untuk mengadakan pelatihan ini. Program ini juga rangkaian dari MOS SD N 01 Berbah. Aku mengajarkan cara menulis puisi yang sederhana tapi bermakna kepada anak-anak kelas 5 SD.

Kemudian ada program pramuka dan mengajar bahasa Inggris. Program ini didasari atas kurangnya tenaga pendidikan yang mengajarkan dua kegiatan tersebut di SD N 01 Berbah. Kok programku daritadi di SD N 01 Berbah terus sih? Ya karena aku cinta sama SD-nya, eh nggak ding (tapi iya), ya karena pondokanku memang dekat dengan situ, jadi ya aku memanfaatkan hal itu hehe. Ada juga program calistung (baca-tulis-hitung). Program ini hasil penawaran temanku yang berada di sub-unit lain. Karena di sub-unitnya banyak anka-anak (di tempatku juga banyak sih, tapi jarang keliatan main bareng di luar).

Untuk yang sasarannya selain anak-anak, ada program pelatihan pemanfaatan sampah daur ulang dan POSYANDU Munggon. Program pelatihan pemanfaatan sampah daur ulang sendiri merupakan program yang aku laksanakan atas dasar pengamatan di daerah pondokanku yang masih banyak sampah tidak termanfaatkan. Pada program itu, aku mengajarkan kepada ibu-ibu di sekitar pondokanku bagaimana cara membuat pot gantung untuk tanaman dari botol air minum bekas. Sedangkan yang POSYANDU karena pondokanku ada di Munggon dan kebetulan masih kekurangan tenaga pelaksana kegiatan.

Cukup sekian dulu cerita tentang program-progam yang aku laksanakan selama KKN kemarin. Kalau ada pertanyaan, langsung saja tanya di kolom komentar ya ^^ Oh iya aku kasih bonus foto-foto waktu KKN kemarin hehe.

Jangan lupa buat baca Part 3 tentang KKN ku yang coming soon hadir~~~ See ya 🙂

 

Advertisements

One thought on “Story About KKN Part 2 : Program

  1. Kakak lulus bakor ugm jalur apa? Rencana mau masuk bakor nih tpi aku dari sulsel, gimana ya apa msh ada peluang dari luar kota kak?

Jawab ya~

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.