Story About KKN Part 1 : KKN?

Halo~~~~ sudah lama ya tidak sharing-sharing di blog ini. Baru satu minggu yang lalu nih aku selesai mengabdi sebagai peserta KKN. Nah kali ini aku bakal cerita tentang KKN-PPM UGM 2018 karena aku memang mahasiswi UGM wehehehe (yakali aku cerita univ sebelah).

Pada periode KKN Antar Semester kali ini aku diamanahi untuk mengabdi di sebuah Desa yang kalau kamu ke arah utara bakal ketemu sama daerah TNI AU di DIY dan daerah bandara Adisutjipto dan kalau kamu ke arah selatan kamu bakal ketemu sama Jalan Wonosari yang bakal mengantarkan kamu ke Bukit Bintang. Desa itu bernama Sendang Tirto.

Kenapa sih aku bisa KKN di Desa Sendang Tirto? Karena aku memilih K1 sebagai lokasi KKN. Di UGM sendiri untuk lokasi KKN menggunakan sistem K1 dan K2. K1 untuk daerah DIY, Magelang, Solo, Boyolali, dan sekitarnya. Sedangkan K2 adalah daerah di luar K1 alias Seperti Jawa Barat, Pulau Sumatera, Pulau Kalimantan, dan daerah-daerah lain yang di luar Pulau Jawa. Untuk K1, lokasinya ditentukan oleh LPPM (yang mengurusi KKN) dan anggota, DPL, dan tetek bengek lainnya juga ditentukan oleh LPPM. Makanya semacam sebuah undian berhadiah. KKN UGM periode ini dilaksanakan dari tanggal 23 Juni 2018 – 10 Agustus 2018.

Alhamdulillah aku dipertemukan oleh teman-teman satu tim yang baik, kerjasamanya juga bagus, dan benar-benar membuat program yang berjalan terlaksana, juga membuat kenangan yang bakal selalu teringat selama tinggal di Desa Sendang Tirto. Dalam tim KKN ku sendiri terdiri atas 25 orang beranggotakan 13 laki-laki dan 12 perempuan.

Di dalam satu tim KKN ada ketua tim yang disebut Kormanit. Selain itu kami juga dibagi beberapa kelompok kecil yang disebut sub-unit dan di dalamnya ada ketua yang membawahi disebut kormasit. Di tim KKN-ku, dibagi menjadi 4 sub-unit, Kebetulan dari pengacakan random sang kormanit, aku menjadi bagian dari sub-unit 04 yang diamanahi untuk mengabdi di Dusun Munggon. Di samping ada kormanit dan kormasit, ada juga ketua yang membawahi masing-masing kluster (Agro, Medika, Soshum, dan Saintek) yang disebut dengan Kormater. Dan lagi-lagi kebetulan aku ditunjuk dan diamanahi sang kormanit sebagai kormater kluster Soshum.

KKN UGM mengharuskan mahasiswa yang menjadi peserta untuk membuat beberapa laporan individu dan untuk kormasit dan kormanit ada beberapa laporan khusus yang harus dikerjakan. Untuk laporan individu sendiri ada LRK, I1, dan LPK. LRK merupakan kepanjangan dari Laporan Rencana Kegiatan yang dikerjakan pada satu minggu pertama KKN dan berisi identifikasi masalah di lokasi KKN serta program yang direncanakan untuk dilaksananakan selama KKN. I1 adalah tabel harian kegiatan mahasiswa UGM yang KKN. Nama lainnya adalah Logbook. Isinya yaitu berupa waktu, nama, durasi, peserta, sasaran, dan biaya program yang dijalankan oleh mahasiswa KKN. Intinya setiap hari harus update logbook biar nggak lupa habis ngelakuin apa. Kan lucu kalau lupa terus perutnya gedhe (eh ini apaan sih (-_-)/) *abaikan. Lalu ada LPK yang merupakan kepanjangan dari Laporan Pelaksanaan Kegiatan yang dikerjakan ketika minggu terakhir KKN dan berisi rincian program yang sudah dilaksanakan oleh mahasiswa KKN serta dokumentasinya (ya biasa pencitraan gitu *eh wkwkwk).

Yang kormanit dan kormanit? Nah untuk yang itu silahkan saja kunjungi lamannya di kkn.ugm.ac.id ya ^^ Sekian dulu cerita tentang KKN. Tenang aja bakal dilanjutin di part 2 kok 🙂 See ya~~~~~

Advertisements

Jawab ya~

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.