#EunchanTips : Ketika Smartphone Tercebur ke Dalam Air

Tadi siang ketika lagi mencuci pakaian, tidak sengaja smartphone s*msung yang aku pakai tercebur ke dalam air dengan keadaan music player menyala. Aku langsung cepat-cepat mengambil smartphone-ku itu sebelum seluruh badannya masuk ke dalam air. Ketika aku angkat, speaker-nya sudah kemasukan air. Aku langsung mematikan aplikasi music player. Kemudian aku matikan dan jemur selama 10 menitan di bawah panas matahari tanpa melepas semua komponennya karena ketika tercebur ke dalam air, smartphone-ku terlindungi oleh softcase yang aku pikir tidak apa-apa kalau tidak aku lepas komponen dalam smartphone-nya.

Setelah dijemur, aku nyalakan kembali. Tapi yang aku dapati nyala dalam keadaan tidak normal. Aplikasi kamera terus membuka setiap kali aku membuka aplikasi lain. Akhirnya aku putuskan mematikan smartphone-ku kembali. Mulai aku lepaskan penutupnya dan aku copot baterai, sim card, dan memory card. Aku jemur smartphone kosongan itu di bawah sinar matahari lagi selama 5 menitan. Lalu aku pasang lagi semuanya dan menyalakan kembali. Lagi-lagi keadaannya masih sama seperti tadi.

Aku putuskan mematikan kembali smartphone-ku dan melepas semua komponen (baterai, sim card, dan memory card). Aku mengikuti cara yang aku baca di beberapa artikel memakai hp satunya. Cara pertama yang aku pakai yaitu dengan menaruh badan smartphone kosongan ke dalam beras. Kata beberapa artikel yang aku baca, beras bisa menyerap air dan mengeringkan komponen hp yang basah. Tapi memrrlukan waktu yang lama. Yaitu sekitar satu-dua hari.

Setelah beberapa menit, aku berpikir kalau waktu yang diperlukan akan lama dan kalau tidak berhasil, nanti malah gela sendiri. Aku pun mencari artikel di internet lagi dan menemukan cara yang kedua. Artikel tersebut berasal dari situs hipwee dan pegi-pegi. Nah, ternyata cara yang kedua ini berhasil loh guys ^^ maka dari itu aku mau berbagi tips dan testi langsung dari aku. Disimak yuk~

  1. Jangan panik
  2. Lepas penutup smartphone
  3. Copot baterai, sim card, dan memory card
  4. Jika masih ada air yang terlihat, bersihkan dengan tisu kering atau lap kering
  5. Setelah kering, siapkan tisu kering beberapa lembar ( 3-4 lembar) dan satu lembar atau dua lembar koran (lebih baik dua lembar).
  6. Balut badan hp kosongan tadi dengan selembar tisu. Setelah terbalut, lanjutkan membalut dengan tisu sampai tisu yang ada habis terpakai. Kemudian, balut dengan koran dengan tebal.
  7. Masukkan balutan kombinasi antara badan hp kosongan, tisu kering, dan koran ke dalam freezer. *Eh???* Trust me deh hehe ^^/ Tujuan dari pembalutan ini adalah agar embun es dapat terserap dan tidak masuk sehingga merusak komponen hp.
  8. Biarkan selama 30 menit-an.
  9. Setelah 30 menit berlalu, ambil balutan tersebut.
  10. Buka satu persatu balutan.
  11. Bersihkan embun es jika ada yang menempel di badan hp dengan tisu kering.
  12. Pastikan badan hp benar-benar kering.
  13. Pasang kembali baterai, sim card, dan memory card.
  14. Coba menyalakan kembali hp.
  15. Dan voila hp kembali normal \^o^/

 

Kemudian aku cek semua aplikasi yang ada di smartphone-ku. Syukur, semuanya normal. Tidak seperti tadi yang sempat error dengan aplikasi kamera yang terus-terusan membuka.

Oh iya, kalau seandainya hp atau smartphone kalian tercebur dalam air selama lebih dari waktu smartphone-ku tercebur air ( 1- 2 menitan), misal setengah jam, coba diamkan di freezer selama satu jam. (Kalau ada yang sudah coba, tolong testi dengan komen di bawah ya~ ^^ semoga saja berhasil)

Sekian tips dan testi dari aku. Semoga bisa membantu kalian yang punya masalah yang sama denganku hehe 😀

 

Advertisements

2 thoughts on “#EunchanTips : Ketika Smartphone Tercebur ke Dalam Air

Jawab ya~

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s