#EunchanFoodStory : Mie Kopyok

Selama liburan kuliah kali ini, aku tidak pergi ke mana-mana kecuali memang ada perlu penting atau diajak pergi oleh orangtuaku. Jadi, untuk soal makan pun mengandalkan masakan rumah atau membeli di sekitar rumah. Dan salah satu menu yang selalu aku santap saat siang hari adalah (taraaaaa) Mie Kopyok. Mungkin bagi kalian yang bukan berasal dari DIY & Jawa Tengah merasa asing dengan nama makanan tersebut. Nah, kali ini aku bakal sedikit menjelaskan (hanya sedikit lho ya) tentang Mie Kopyok.

Mie Kopyok menurut wikipedia berasal dari Semarang. Biasanya mie kopyok terdiri atas bihun putih, mie kuning, kubis, kecambah dan kuah kaldu panas-panas enyak. Sebagai lauk tambahan ada ceker ayam dan kerupuk. Langkah pertama dalam membuat mie kopyok adalah menyiapkan sebuah mangkok. Kemudian taruh bihun putih basah, mie kuning basah, kubis yang sudah dipotong-potong, dan kecambah di dalam mangkok. Setelah itu tuangkan kuah kaldu yang masih panas-panas enyak di dalam mangkok secukupnya. Jika doyan, bisa ditambah ceker ayam dan kerupuk atau menabur seledri dan brambang goreng di atasnya. Voila, jadilah mie kopyok yang siap disantap. Kurang pedas? Tinggal tambah sambal atau saus. Kurang manis? Boleh liat muka aku tinggal tambah kecap.

Mie kopyok yang sering aku santap berbeda dengan yang aku ceritakan tadi. Mie kopyok yang ini lebih sederhana tanpa kecambah dan kerupuk. Harganya pun murah meriah nan tidak menguras kantong. Cukup mengeluarkan dua lembar atau dua koin seribuan sudah mendapatkan satu mangkok mie kopyok panas-panas enyak ini. Kalau aku  pribadi, biasanya makan mie kopyok dengan usus ayam goreng.

Cukup sekian cerita aku kali ini. Semoga kamu juga jadi ikutan kepengen makan mie kopyok panas-panas enyak ya hehe ^^

Advertisements

Jawab ya~

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.