Jangan Loyo Jika Dapat C

­­Bagaimana sih rasanya dapat nilai C? Bukan Cuma di satu mata kuliah saja, tapi di beberapa mata kuliah? Pastinya merasa terkejut, kecewa, sedih, dan tidak percaya. Lalu akan bertanya-tanya kenapa bisa dapat C. Dan mungkin akan ada pikiran untuk protes ke dosen atau bagian akademik, berharap bahwa nilai itu salah.

Ya, itu yang terjadi padaku di semester 5 ini. Sebenarnya nilai C yang aku dapat bukan di mata kuliah wajib jurusan yang aku tempuh, tapi untuk beberapa mata kuliah pilihan yang aku ambil. Aku akui memang selama proses kuliah, aku sendiri kurang berpartisipasi dan kurang mengikuti kelas dengan baik. Ditambah masalah kesehatan fisik dan mental yang sedang kambuh. Jadi harus berjuang keras untuk menyesuaikan diri saat berkuliah.

Awalnya ketika mendapati nilai C tertera di mata kuliah itu, aku terkejut. Tapi lam-kelamaan aku menerimanya dengan lapang dada. Karena aku sendiri paham dengan keadaan dan kemampuanku. Ada rasa kecewa juga, tapi ya sudahlah. Yang terpenting tidak semua mata kuliah bernilai C. Bisa jadi mata kuliah yang mendapat nilai C adalah petunjuk di mana bidang yang tepat untuk aku meniti karier setelah lulus dari jenjang S1.

Pelajaran yang bisa aku ambil dari hal ini adalah berlapang dada dan jangan terlalu larut dalam kekecewaan. Karena semua hal yang terjadi terdapat hikmah yang dapat dijadikan bekal hidup untuk hari selanjutnya. Nikmati saja setiap hembusan nafas dan kunyahan gigimu setiap kali makan. Sebab dengan begitu artinya kamu mensyukuri nikmat yang masih diberikan kepada kita dari Yang Maha Kuasa.

Tapi jangan terus patah semangat dan malas dengan alasan pasti dapat nilai C lagi, jadi ya udah kenapa harus kerja keras. Semoga nilai C yang didapat jadi pemicu semangat agar terus membara di dalam diri. Sehingga bisa meraih apa yang dituju dari awal berkuliah. Cheers up!

 

 

­

Advertisements

Jawab ya~

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.