My Thought Being of Kpop Fan #5 : I’m Not An Obsessive Kpop Fan

Dulu aku pernah jenuh menjadi seorang penggemar KPop. Entah mengapa aku seperti kehilangan rasa sukaku untuk mendengar lagu Kpop. Rasanya bosan dan malas bahkan ketika ada satu lagu saja terputar. Tidak. Aku tidak benci dengan KPop maupun penyanyinya. Hanya saja merasa jenuh dan bosan.

Kali ini pun rasa bosan dan jenuh itu kembali menghinggapi. Tapi sudah berbeda hal. Aku masih suka untuk mendengarkan lagu Kpop. Yang berbeda adalah jenuh dengan kehidupan sebagai penggemar idol Kpop. Aku melihat para penggemar masa sekarang terlihat mengerikan. Terlalu fanatik. Menjadikan idol mereka menjadi pusat hidup mereka. Menjadikan idol segalanya untuk hidup mereka. Dan aku hanya tidak mau menjadi jenis penggemar yang seperti itu. Dari yang aku lihat, penggemar Kpop sekarang standarnya sudah berbeda. Bagi kebanyakan dari mereka, untuk menjadi seorang penggemar “sejati” harus update setiap hari tentang idol yang mereka sukai, melihat semua acara yang diikuti, mengikuti semua aktivitas idol yang diikuti, bahkan membeli apapun yang berkaitan dengan idol mereka walaupun harus menguras kantong dalam-dalam.

 

Aku menyebut fenomena ini seperti sebagai obsesi. Bagiku, obsesi itu sesuatu yang buruk. Pikiran akan menjadi sempit dan hati akan sangat tertutup. Terlalu buta pada khayalan yang berlebihan, yang awalnya hanya sebuah pelarian.

 

Dan aku sendiri bukan seorang penggemar yang seperti itu. Aku berpikir apa hidupku hanya untuk idol yang aku suka? Apakah tidak ada hal lain yang harus aku kerjakan dan kejar selain tentang idol yang aku suka? Bahkan jujur, aku muak dan geram dengan orang yang terlalu mendambakan bisa menjadi seorang pacar atau istri dari idol yang mereka suka. Aku melihat mereka terlalu menunjukkan sikap bahwa idol itu hanya “milikku” dan hanya aku yang boleh suka. Apakah menjamin kalau dia akan bersama di masa depan dengan idol yang disukai ? Dan pada kenyataannya juga idol yang disukai apakah kenal siapa dia?

 

Mengapa aku punya pikiran seperti itu? Karena aku sadar, aku hidup di dunia masih punya banyak urusan selain KPop. Menjadi seorang penggemar Kpop adalah sebuah hobi. Dan aku tidak mau hobiku menjadi sebuah obsesi. Aku tidak mau apa yang aku suka mengambil alih hidupku dan mengontrol hidupku. Aku punya cita-cita dan impian yang nyata, bukan hanya di dunia khayalan. Aku jadi paham alasan sesorang ketika memutuskan berhenti menjadi penggemar Kpop. Mungkin slaah satunya tidak tahan dengan penggemar lain yang terlalu fanatik.
Aku juga sadar saat aku membayangkan aku benar-benar menjadi seorang istri dari idol yang aku suka. Apakah aku sudah mengenal dia orang seperti apa pada kehidupan nyatanya? Kalau nyatanya dia memiliki sifat yang kita tidak cocok dengan kita, apakah kita akan tetap mau menjadi istrinya? Dan aku sendiri pun sudah banyak bergaul dengan orang Korea, jadi aku tahu sifat asli mereka seperti apa.

 

Sekarang pun bisa dilihat kan banyak penggemar Kpop bertengkar hanya karena suatu hal yang sepele karena terlalu terobsesi pada idol mereka bahwa idol mereka adalah yang terbaik? Bagiku semua idol itu hebat. Mereka sudah bekerja keras dari nol hingga sekarang menjadi sukses. Soal masa lalu mereka yang buruk atau kekurangan mereka, kita semua juga punya masa lalu yang buruk dan kekurangan kan? Aku tidak pernah mau merendahkan siapa pun. Tapi aku akan dengan keras menentang jika ada yang merendahkan idol yang aku suka dengan alasan yang tidak masuk akal dan fitnah yang nyatanya omong kosong.

 

Maka dari itu untuk sekarang ini, aku mendedikasikan diriku menjadi penikmat karya idol KPop dan menyukai idol KPop yang aku suka sebagai orang yang aku hormati dan sebagai motivator dalam aku mewujudkan impianku. Bukan sebagai pasangan hidup.

 

Aku akan mencintai karya mereka dengan caraku sendiri. Dan untuk penggemar yang lain, cintailah idolmu dengan caramu sendiri. Biarkan hidup berjalanr sesuai jalan yang dipilih masing-masing. Jangan menyesal terhadap setiap langkah yang sudah diambil.

Advertisements

One thought on “My Thought Being of Kpop Fan #5 : I’m Not An Obsessive Kpop Fan

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s