#EunchanTips : Belajar Bahasa Korea Ala Saya

Pagi guys~

Berawal dari bangun tidur dan langsung melakukan sesuatu yang berfaedah, yaitu menulis ulang catatan mata kuliah tata bahasa, muncullah ide untuk menulis postingan ini.

Kak, kakak belajar bahasa Korea lewat apa?

Kak, tips bahasa belajar bahasa Korea apa?

Kamu kok bisa sih bahasa Korea, cara belajarnya gimana?

Berbagai pertanyaan itu sudah ribuan puluhan kali orang lain ajukan ke saya. Nah untuk menjawab puluhan kali pertanyaan tersebut, pada pagi hari ini saya mau berbagi tips buat kalian yang penasaran dan ada niat belajar bahasa Korea. Simak dengan baik tapi santai ya~ ^^

  1. Mendengarkan lagu Korea

Cara yang pertama ini, saya gunakan sejak dahulu ketika pertama kali terkena demam Korean wave. Saya dulu sering penasaran dengan lirik lagu yang didengarkan. Saya pun mencari liriknya melalui bantuan mbah Google dan mencetaknya pada kertas HVS. Lirik yang dicetak bukan cuma romanisasinya saja, tapi juga lirik dalam hangul (huruf Korea) dan terjemahannya. Lirik terjemahannya sendiri kadang dalam bahasa Indonesia kadang dalam bahasa Inggris. Tapi saya lebih prefer ke dalam bahasa Indonesia. Setelah dicetak, saya melihat kata-kata dalam lirik dalam bentuk hangul dan mencari terjemahannya. Kemudian menandai kata yang  saya lihat tadi beserta terjemahannya.

Selain bisa mendapat tambahan ilmu berupa kosakata bahasa Korea melalui lirik-lirik itu, saya juga sekaligus bisa hafal dengan lirik lagunya. Nah, dari cara pertama ini saja sudah bisa mendapat dua keuntungan sekaligus kan? Bisa lho kalian coba terapkan. ^^

PS : Lagu yang didengarkan bukan cuma lagu populer yang sekarang banyak terdengar dan familiar di telinga kita saja lho, kalian bisa juga cari lagu lawas Korea. Tujuannya ya untuk memperkaya kosakata Korea kita. xixi

  1. Melihat drama atau film Korea

Cara berikutnya ini, yang sering banget disarankan oleh teman-teman saya atau kakak tingkat saya ke orang lain maupun dosen saya ke mahasiswanya. Melihat drama atau film Korea dengan rutin dan teratur, seperti kalau kita minum obat di kala sedang sakit,  bisa membuat kita terbiasa untuk mendengar orang Korea bercakap-cakap dan memahami apa yang mereka bicarakan.

Cara ini dilakukan bukan dengan melihat satu episode drama dan langsung dilanjutkan episode berikutnya ataupun ketika melihat film langsung sampai bagian akhir. Kalau begitu samjehong alias sama saja dengan bohong. Yang benar adalah melihat satu episode drama atau satu bagian dari film secara berulang-ulang dan mendengarkan percakapannya secara seksama dan memahami apa yang diucapkan oleh sang pemeran. Setelah itu, kalian bisa menirukan apa yang diucapkan pemeran dalam drama atau film tersebut. Boleh dengan teman kalian atau mengikuti sesudah pemerannya mengucapkan sebuah kalimat ketika melihat drama atau film tersebut.

Cara ini saya terapkan ketika sedang melihat drama dan film saya tonton. Kalian juga bisa kok menerapkan cara yang satu  ini untuk belajar bahasa Korea.

  1. Chatting dengan orang Korea langsung

Cara selanjutnya ini saya terapkan setelah saya sudah mengenyam dua semester di jurusan Bahasa Korea UGM. Sesudah saya merasa yakin bahwa kemampuan saya mungkin cukup untuk sekedar berchit-chat dengan orang Korea ditambah dengan kemampuan bahasa Inggris yang saya punya (walaupun nggak yakin juga bahasa Inggris saya bagus :”), setidaknya bisa utnuk dipahami orang lain wkwk), saya memberanikan diri untuk berkomunikasi dengan orang Korea.

Awalnya sih saya menggunakan aplikasi chatting yang sudah banyak beredar di google play store atas saran teman saya. Dari aplikasi chatting tersebut, saya mendapat teman Korea dan mengobrol dengan mereka. Bahkan ada yang mengajak saya bebincang tentang politik dan sejarah Indonesia. Dari aplikasi chatting tersebut juga, saya mendapat teman Korea yang sedang menempuh studi dengan berkuliah di UGM dan pernah beberapa kali bertemu dengan teman tersebut. Aplikasi chatting  yang saya gunakan yaitu Omegle, Hello Talk, Hello Pal, dan MEEFF. Namun, meurut saya yang lebih efektif untuk belajar bahasa Korea adalah aplikasi Hello Talk. Hello Talk sendiri memang dirancang untuk aplikasi belajar bahasa. By the way, saya tidak sedang endorse lho ini wkwk~

Selain menggunakan aplikasi chatting, saya juga memberanikan diri dan berusaha berbincang-bincang dengan mahasiswa INCULS asal Korea yang satu mata kuliah dengan saya. Saya juga bisa minta tolong pada mereka untuk mengajari saya tentang mata kuliah saya lho hehe. (Memanfaatkan kesempatan yang ada intinya hehe)

Tahun ini ada kegiatan baru di jurusan saya yaitu speaking club. Saya pun mencoba ikut kegiatan tersebut dengan harapan bisa mengasah  kemampuan berbicara bahasa Korea saya. Kalian pun kalau ada kegiatan seperti itu, bisa lho ikut mencoba bergabung. Bisa mendapatkan teman sekaligus kemampuan berbahasa kalian meningkat ^^

  1. Belajar dari internet

Sekarang eranya dunia digital, pastinya kalian juga menggunakan produk-produk dari era digital kan ya? Kalian bisa tuh belajar bahasa Korea dari website-website di dunia maya. Banyak banget lho situs-situs website yang bisa kalian kunjungi dan digunakan untuk media belajar kalian. Nah, kalau saya sendiri merekomendasikan beberapa website ini untuk kalian.

 

  1. Pergi berlibur ke Korea

Kalau yang satu ini, bukan saya yang menyarankan. Teman-teman saya-lah yang memberikan rekomendasi ini. Saya pikir memang betul juga cara yang satu ini. Eitss~ ada tapinya untuk cara yang satu ini. Tidak seperti cara-cara sebelumnya yang gratis tis tis, cara yang satu ini perlu dan harus ada modal serta persiapan. Namanya juga ke luar negeri, pastinya harus ada doku alias uang, paspor, visa, dan seabreg hal lain layaknya orang mau pergi jauh.

Saya sendiri sih belum mampu buat melakukan cara yang satu ini. Tapi bagi kalian yang mau menggunakan cara ini dan mampu, bisa banget dicoba. Kan asyik tuh, bisa liburan sekaligus cuci mata dan merasakan suasana kehidupan di Korea hehe J. Sekarang sudah banyak kok jasa perjalanan ke Korea yang tersebar di berbagai media sosial. Kalian bisa mencoba mencari-cari infonya lewat  instagram maupun facebook.

  1. Menulis cerita dengan bahasa Korea

Nah! Kalau cara terakhir ini adalah cara ala saya. Karena saya pribadi suka menulis dan membaca, saya sering menulis apapun dan mempostingnya di blog maupun wordpress. Dan voila, kalian bisa lihat hasilnya sekarang (kan kalian sedang baca tulisan saya wkwk). Tulisan yang dibuat tidak terbatas pada artikel berbau hal serius. Bisa berupa curhatan kalian tentang sekolah, kuliah, cinta-cintaan, pengalaman-pengalaman kalian, tips ala kalian, bahkan karya sastra hasil buah pikiran kalian sendiri seperti cerita fiksi, puisi, pantun, dll.

Saya sendiri sekarang sedang mengerjakan proyek untuk membuat cerita fiksi dengan sisipan bahasa Korea. Selain dapat menguji kemampuan menulis dan tata bahasa saya, saya juga bisa menuangkan ide-ide yang bermunculan dari kepala saya. Dasarnya saya memang pecinta dan pembaca novel, terutama terjemahan Korea. Maka tidak heran, saya terinspirasi untuk menciptakan karya sendiri. Di samping membuat cerita fiksi, saya juga menulis artikel tentang pengetahuan umum yang berkaitan dengan Korea, entah itu tentang budaya, bahasa, dsb.

Kalian bisa dan boleh banget menerapkan cara ala saya ini. Keuntungannya pun juga banyak. Seperti yang sudah saya sebutkan sebelumnya, kalian bisa menguji kemampuan bahasa Korea kalian, belajar bahasa Korea lebih jauh ( menulis dan memahami tata bahasa), memperkaya kosakata, mengubah ketidaktahuan kalian tentang bahasa Korea, serta menciptakan karya kalian sendiri. Mungkin kalau kamu memang merasa bisa dan mampu, kamu bisa mencoba mengirimkan karyamu ke penerbit dan diterbitkan dalam bentuk buku. Wih, hebat bukan?

Yup, itulah berbagai tip dari saya untuk kalian yang ingin belajar bahasa Korea. Bukan cuma bahasa Korea, cara-cara di atas bisa juga kalian terapkan untuk belajar bahasa asing lainnya. Sekian dari saya dan terimakasih atas kesediaan kalian meluangkan waktu sejenak untuk membaca tulisan saya ini. See you next time guys~  ^^

Leave a Reply

