Mohon Bersabar Ini U-J-I-A-N

Mohon bersabar ini ujian. Ujian datangnya dari Allah”. Mungkin kata-kata yang sedang nge-tren belakangan ini cocok untuk saya. Memang cocok, karena hari ini sungguh ujian untuk saya. Ujian untuk menguji segala hal dalam diri saya. Entah itu tentang hubungan asmara saya dengan seseorang maupun tentang akademik saya.

Tapi kali ini saya tidak ingin membahas tentang hubungan asmara saya dengan seseorang. Buat saya, biarlah terkubur dalam ingatan sebagai pengalaman. Kali ini saya akan membahas tentang keadaan akademik saya yang sedang panas-dingin.

Setelah sekian lama aku menunggu untuk kedatanganmu ♫

Yap setelah sekian lama saya menunggu nilai-nilai mata kuliah saya semester ini yang jika menjadi satu akan bernama IPK, akhirnya saya bisa melihat rentetan kompilasi huruf dan angka itu dengan pandangan nanar. Dada saya seperti diberondong peluru regu tembak melihat rentetan itu. Bagaimana tidak? Sungguh di luar ekspektasi saya yang hanya ingin semester ini stabil saja nilainya. Namun kenyataan yang muncul dalam laman valakwa (memang sengaja saya sensor) memukul alam sadar saya dengan begitu menyakitkan. Satu huruf di deretan sebuah mata kuliah membuat saya benar-benar terpukul. Batin saya syok.

Setelah melihatnya dengan perasaan campur aduk, saya berpikir dan merenung. Saya tidak mau menyalahkan siapapun atas kejadian ini. Saya pikir ini salah saya sendiri. Saya sadar, semester ini saya terlalu terbuai dengan banyak hal. Aktivitas di luar akademik, pekerjaan rumah, hobi, dan segala aktivitas tersier lainnya. Dan sebenarnya dosen saya yang memberi nilai itu tidak sepenuhnya salah. Bahkan buat saya, nilai yang beliau berikan membuat saya tertampar dan terpacu untuk meningkatkan produktivitas saya dalam menyerap ilmu ketika kuliah berlangsung.

Dan di akhir curhatan singkat saya ini, di tahun baru dan semester baru ini saya bertekad bahwa saya akan lebih produktif dan lebih ikhlas menjalani kehidupan kuliah saya di UGM tercinta bagi setiap warga di dalamnya.

Leave a Reply

