일침 시장 ( SunMor) #1

Kemarin Sabtu aku menjadi pengangguran yang bermanfaat. Mungkin sebagian besar teman – temanku menghabiskan waktunya berada di atas kasur atau kesibukan di luar akademik. Sementara aku bergelut dengan kertas, segala macam bolpoin, dan buku sakti berwarna biru milik mahasiswa Bahasa Korea.

 

20160813_151044

 

20160813_151036

 

Hari Minggu pun datang. Aku gelagapan melihat jam dinding di atasku. Jam 5 pagi. Masih terlalu pagi untuk sebuah hari libur. Tapi aku bergegas bangun, memanaskan air untuk mandi, dan melaksanakan sholat Subuh. Setelah sholat, aku mandi dan bersiap – siap menuju sebuah tempat. Yap, hari ini aku berencana untuk menjelajah sebuah tempat yang sangat terkenal di seantero anak – anak UGM. Apalagi kalau bukan Sunday Morning.

Pada mata kuliah Tata Bahasa II hari Selasa lalu ( seingat aku), dosen saya yang bernama ibu Hesti memberikan istilah keren untuk Sunday Morning ini dalam bahasa Korea yaitu 일침 시장 alias 일요일 아침 시장. “일요일” (i-ryo-il) berarti hari Minggu. “아침” (a-chim) berarti pagi. Dan “시장” (si-jang) berarti pasar.  Ya kalau diartikan pasar Minggu pagi. Sama saja dengan arti Sunday Morning dalam bahasa Indonesia.

Aku mengunjngi FIB terlebih dahulu dan menaruh barang – barangku di loker mushola FIB dan menguncinya agar aman dan utuh, Aku pun langsung cusss menuju keramaian pagi 일침 시장. Aku sampai di tempat sekitar pukul 7 pagi. Suasana terlihat masih sedikit lengang tapi sudah banyak orang yang berlalu lalang termasuk para pedagang yang menyiapkan lapak mereka.

 

20160814_065336

 

20160814_065309

20160814_065342

Aku masuk ke dalam 일침 시장. Aku berjalan di anatara lapak – lapak yang menjajakan berbagai dagangannya. Mulai dari makanan, minuman, pakaian, peralatan makan – minum, sepatu, sandal, hijab, dan tetek bengek peralatan hidup lainnya.

Sebenarnya aku ke 일침 시장 untuk mencari sebuah lapak yang berisi merchandise berbau idol Korea. Tapi karena mungkin aku terlalu pagi datang, lapak yang aku cari masih belum terbangun. Akhirnya aku berjalan menyusuri lapak – lapak yang ada. Melihat – lihat berbagai barang dagangan yang membuatku pusing. Aku berjalan hingga deretan dekat FKH, aku berbalik arah. Kembali menuju titik awal aku berjalan. Saat mencapai agak selatan dekat pintu lembah, akhirnya aku menemukan lapak yang aku cari.

20160814_070035

20160814_070242

 

Taraaaa~~~ dua foto di atas adalah salah satu jenis merchandise yang dijual oleh toko online “Choose Me” ( please saya bukan endorse, cuma kasih tau). Merchandise di atas itu pin nama yang biasa dipasang di seragam sekolah – sekolah di Korea. tapi pinnya di-custom dengan nama – nama grup – grup idol Korea. Kalau kata mbak nya yang jual, harganya 12 ribu yang dari bahan tebel dan bagus, sedangkan yang dari bahan tipis nan rapuh seharga 5 ribu.

20160814_071233

Kalau foto di atas adalah gantungan kunci tapi berbahan tipis seperti bahan kipas plastik. Harganya 5 ribu. Ada sih yang dari bahan akrilik kaca gitu, harganya 15 ribu. Sebenarnya masih banyak merchandise yang dijual. Ada kipas, masker, gantungan hp, stiker, lightstick, bahkan sampai ada album Super Junior KRY. Aku melihat – lihat dan memilah – milih para merchandise itu. Dan pilihanku jatuh pada…..

20160814_084640

Aku membeli gantungan kunci berbentuk Sunggyu INFINITE zaman Before The Dawn dan Bobby iKon zaman Rhtym Ta. Karena sudah puas melihat – lihat merchandise dan membeli salah dua merchandise yang dijual, aku beranjak melanjutkan keliling  일침 시장.

Bersambung…..

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s