My thought being fan of Kpop part 1

Aku adalah seorang fan Kpop. Aku menyukai banyak boygroup. Aku mengenal Kpop setelah aku melihat music bank di salah satu TV dan mendengar lagu 2PM di radio. Yap benar. Boygroup pertama yang aku suka dan sampai sekarang menjadi ultimate fandom yaitu 2PM. Sekarang fandom favorite ku sudah bertambah. Aku sekarang menyukai 2PM, Bangtan Boys, Block B, Infinite, VIXX, dan GOT7.

Yang ingin aku sampaikan adalah pikiranku mengenai diriku yang menjadi seorang fan Kpop. Pada awalnya, aku hanya sebatas menyukai lagu. Dan aku benar – benar masih polos pada saat itu. Aku tidak mengerti bagaimana menjadi fan. Ketika memasuki SMA, aku mulai mengetahui dan mengenal bagaimana fan Kpop itu. Mereka membeli segala pernak – pernik mengenai idol yang mereka sukai. Mereka rela mengeluarkan uang beberapapun juga dan melakukan segala cara untuk mendapatkannya. Aku yang saat itu sudah menjadi benar – benar fan Kpop, hanya bisa sebatas menyukai lagu idol yang aku suka dan melihat video mereka di youtube. Beberapa saat berlalu, kegilaanku pada Kpop bertambah. Aku mulai suka mengupdate lagu – lagu terbaru dan melihat drama Korea. Setiap harinya mendengarkan lagu Kpop dan update berita terbaru tentang idol lewat SNS.

Ketika aku duduk di masa terakhirku di SMA, fan Kpop mulai bertambah pesat dan kegilaan mereka bertambah besar. Aku masih tetap seperti dulu. Hanya bisa mendengarkan lagu, melihat drama, dan mengupdate berita lewat media sosial. Aku menolak dan mencegah diri untuk membeli pernak pernik yang berbau Kpop.

Dan sampailah aku di masa awal kuliahku alias sekarang ini, aku bertemu banyak fan Kpop dan bergabung dengan grup penggemar Kpop. Kegilaan mereka terhadap Kpop jauh melebihi aku. Dan banyak bertebaran iklan toko online yang menawarkan pernak pernik Kpop di akun sosmedku. Teman – temanku pun heboh membicarakannya untuk membelinya. Setiap hari mereka heboh dengan kegiatan yang dilakukan idol mereka. Setiap kali idol mereka ada di suatu program mereka harus streaming untuk melihat idol mereka. Mereka sedih jika tidak bisa melihat idol mereka tampil.

Yang aku tekankan di sini adalah apakah untuk menjadi seorang fan Kpop, harus mengeluarkan dana yang besar untuk melihat konser mereka setiap mereka menggelar konser di negara kita dan mempunyai pernak pernik yang berbau idol yang aku suka ? Termasuk album dan lainnya ?  Memang sih dengan membeli album para idol berarti kita menghargai karya para idol. Ya bukannya aku tidak menghargai, tapi aku memang kurang dalam hal finansial. Makanya aku selalu menolak untuk beli pernak pernik Kpop atau mengumpulkan uang untuk melihat konser.
Lalu, apakah untuk menjadi seorang fan Kpop, harus streaming atau mendowload setiap kali idol yang kita suka tampil di suatu acara ? Seakan waktu yang ada hanya dihabiskan untuk hobi sampingan yang menjadi penghibur jika kita lelah atau bosan. Bukankah waktu yang ada lebih dimanfaatkan utk kewajiban kita sesuai peran yang kita mainkan saat ini ? Aku memang bukan orang yang perfect. Dan jujur, aku kadang ingin melihat secara langsung mereka tampil. Tapi aku sadar. Hidupku juga bukan hanya untuk mereka. Aku harus melakukan kewajibanku untuk mewujudkan life goal ku. Dan juga finansial keluargaku yang tidak bagus.

Namun aku mencintai mereka dengan caraku sendiri. Mengucapkan selamat ketika mereka berulang tahun atau meraih peringkat atas dalam chart musik. Mendukung mereka ketika mereka merilis single atau album baru. Melihat berbagai program dari youtube  dimana mereka berpatisipasi dan memberikan dukungan serta semangat dan mendownloadnya jika ingin melihatnya di rumah.

Apakah itu tidak cukup untuk mencintai mereka ? Jujur, kadang aku risih dan segan dengan orang – orang yang selalu berkeinginan untuk memiliki barang yang digunakan idol mereka setiap kali idol mereka tampil. Dan aku benci dengan iklan olshop Kpop yang banyak bertebaran dengan mengatakan jika tidak membeli pernak pernik Kpop berarti bukan fan mereka.

Maaf buat yang merasa tersinggung. Ini hanya pemikiranku sebagai seorang fan Kpop selama 4 tahun terakhir. Dan aku masih mencintai dunia Kpop serta negara mereka.

Aku akan mewujudkan cintaku dengan meraih scholarship S2 di Korea. Amin :”)

Advertisements

2 thoughts on “My thought being fan of Kpop part 1

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s